Skip to content

Agussupiyat's Blog

"Khoirunnas yanfauhum linnas"

Tuesday, 08 December, 2009 9:59 AM
—– Original Message —–
Sent: Tuesday, 08 December, 2009 9:59 AM
Subject: [pengusaha-muslim] Rencana Buka Usaha Toko Buku
Bismillahirrohmanir rohim…
Assalamualikum wr.wb
Sahabat-sahabat Millist PM yang saya hormati.
saya sedang merencanakan untuk membuka toko buku (Terutama buku-Buku Islam)
tetapi saya masih bingung harus mulai darimana. untuk modal awal saya masih sangat minim <10jt
saya sekarang bertempat tinggal di Puspiptek Serpong-Tangerang
Mohon kiranya sahabat semua bisa membantu memberikan pencerahan atau bahkan bisa bekerja sama
dalam hal permodalan (dana ataupun Produk)
sebai informasi tambahan. saya juga berpengalaman dalam hal berjualan
karena pada saat saya SD s/d STM saya sering menggantikan Ibu Berjualan Pakaian dipasar
Alhamdulillah Ibu sudah punya toko sendiri didaerah Cikupa-Tangerang
Atas saran & Perhatiannya saya ucapkan jazakumullah Khoiron katsironSalam sahabat
Agus Supiyat
agus_schnell@ yahoo.com
021-95194527

Dari: Afrizal <bajupoeti@gmail.com>
Kepada: pengusaha-muslim@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 8 Desember 2009 10:31
Judul: Re: [pengusaha-muslim] Rencana Buka Usaha Toko Buku
Wa’alaikum salam,
Untuk usaha toko buku, itu bisa sistem konsinyasi pak. Saya pernah tanya waktu pameran buku di senayan. Ada diskon 30% atau 35% bahkan 50%.
Kalau sistem Full konsiyasi, itu diskon nya sedikit sekitar 30%, kalau barang gak laku bisa dikembalikan dan ditukar.
Kalau sistem bayar tempo itu lebh besar keuntungan(diskon) nya, ini arti barang dianggap sudah terjual, cuma pembayaran nya saja yang tempo.
Wassalam
Afrizal MT
HP 08131552-7965
Flexy 021-33877086
www.bajupoeti. com
www.poeticollection .blogspot. com
www.ubcimart. com
YM :  afrizalsyafri
“InginJadiSaudagarH idupBahagiaDanMe mbahagiakanPenuh BerkahBagiLingku ngan”
11 Juli 2013 11.23
———- Pesan terusan ———-
Dari: Agus Supiyat <agus_schnell@yahoo.com>
Tanggal: 11 Juli 2013 11.23
Subjek: Bls: [pengusaha-muslim] Rencana Buka Usaha Toko Buku
Kepada: “pengusaha-muslim@yahoogroups.com” <pengusaha-muslim@yahoogroups.com>, Afrizal PM <bajupoeti@gmail.com>
Cc: agus 3 <agussupiyat@gmail.com>
Assalamualaikum wr.wb.
pak afrizal yang saya hormati, setelah hampir 4 tahun tidak aktif lagi di millist pengusaha muslim, pada hari ke-2 ramadhan ini saya tanpa sengaja kembali membuka email-email lama, terutama saya masih teringat ketika dulu menulis email untuk meminta saran kepada sahabat-sahabt di milis pengusaha muslim.
Alhamdulillah usaha toko buku yang saya rencanakan dulu sampai sekarang belum terwujud juga, padahal saya masih ingat bahwa email yang saya tulis tersebut bertepatan dengan hari terakhir saya bekerja di perusahaan konsultan perencana bangunan sebagai seorang engineer desain, karena memang saya lulusan S1 Teknik Sipil.
setelah memutuskan resign dari kantor saya tidak memiliki pekerjaan & yang menyedihkan lagi bahwa saya memiliki tunggakan angsuran motor selama 2 bulan.
Alhamdulillah waktu itu istri masih kerja sebagai bidan PTT di puskesmas didaerah serpong, kebutuhan makan sehari-hari masih terbantu dengan honor yang diterima oleh istri, meskipun harus menunggu 3 bulan untuk bisa mengambil hnor istri dikantor pos,
selama 3 bulan saya menganggur ( desember 2009, januari & pebruari 2010) kegiatan saya hanya mengantar & menjemput istri ke puskesmas. pada saat itu memang belum ada keinginan lagi mengajukan lamaran pekerjaan kepada perusahaan-perusahaan. padahal waktu itu cukup banyak teman yang menawarkan saya pekerjaan. tetapi kebanyakan lokasi nya di luar kota. istri saya memang belum mau mengizinkan saya untuk bekerja diluar kota. akhirnya dengan kondisi seperti itu saya menjadi terpikir untuk melanjutkan niat saya membuat usaha sendiri. pada akhir pebruari 2010 Allah mendatangkan teman saya yang dulu pernah bekerja satu kantor dengan saya hanya saja beda posisi, teman saya itu sebagai marketing sedangkan saya sebagai engineer desain. pada saat itu teman saya tersebut menyampaikan niat nya untuk mengajak saya membuka usaha dibidang perencana bangunan, karena memang basic saya dibidang tersebut & teman saya yang akan mencarikan ordernya.
satu bulan pertama berjalan saya dan teman saya berkeliling jakarta untuk bersilaturahim dengan rekan bisnis dikantor lama & menyampaikan kondisi kita saat itu bahwa kita sudah membuat usaha sendiri. yang saya ingat waktu itu setiap pagi kami janjian untuk mengunjungi target marketing kami, siang nya sambil menyusun rencan kedepannya kami istirahat di mesjid, karena saking sering seperti itu bahkan kami sempat beranggapan bahwa setiap mesjid dijakarta adalah kantor kami.
kendala kami saat itu kami belum punya bendera / perusahaan yang bisa kami tawarkan / kami kenalkan kepada calon market kami. awal maret 2010 saya dan teman saya berinisiatif untuk membuat legalitas perusahaan ke seorang notaris. setelah mendapat informasi kisaran biaya dan persayarat mendirikan suatu perusahaan kami akhirnya memberanikan diri mengajukan pembuatan legalitas perusahaan, hanya saja saat itu kami belum punya dana untuk biaya pembuatan legalitas tersebut. akhirnya teman saya memberanikan diri untuk meminjam uang kepada istrinya sebesar 1.5jt. berbekal dana 1.5jt kami menoba bernegosiasi dengan ibu notaris untuk biaya pembuatan legalitas nya bisa di angsur selama 3 kali (saat itu biaya pembuatan legalitas perusahaan sekitar 7.5jt). Alhamdulillah ibu notaris tersebut mau mengerti keadaan kami. dia setuju dengan sistem pembayaran yang kami ajukan. setelah mendapat kelonggaran dalam membuat legalitas perusahaan kami berdua sepakat untuk menambah 1 orang yang bisa membantu kami dalam membuat perencanaan keuangan. Alhamdulillah kami dipertemukan dengan teman yang memiliki visi yang sama menjadi pengusaha, dengan 3 orang yang memiliki kapasitas yang berbeda kami rasa sudah menjadi modal yang cukup untuk menjalankan suatu perusahaan. meskipun saat itu kami tidak memiliki modal secara financial. modal kami saat itu hanya 1 buah Pc, 1 buah printer. Alhamdulillah perusahaan kami berjalan, sampai tahun 2013 kami bertiga sudah memiliki 40 orang karyawan dan sudah ada 2 perusahaanyang kami dirikan.
Semoga kisah ini menjadi sebuah kabar baik bagi bapak yang sudah berkenan memberikan kontribusi saran nya, kami juga berharap doa dan motivasi dari rekan-rekan milis pengusaha muslim agar usaha kami semakin besar & bisa memberikan banyak manfaat bagi umat agar kami mendapat ridho dari Allah SWT.
salam hormat
Agus Supiyat.
Dari: wirat songko<wirat_songko@yahoo.com>
Tanggal: 12 Juli 2013 07.23
Subjek: Re: Bls: [pengusaha-muslim] Rencana Buka Usaha Toko Buku
Kepada: pengusaha-muslim@yahoogroups.com, Afrizal PM <bajupoeti@gmail.com>
Cc: agus 3 <agussupiyat@gmail.com>

Amiiin, senang sekali mendengar cerita saudara, success selalu dan semoga terus berkembang menjadi perusahaan yg selalu amanah dan di ridhoi Allah SWT.
Wassalam,Wirat Songko

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Dari: lutfi zunaedi <zunaedilutfi@yahoo.com>
Tanggal: 13 Juli 2013 10.59
Subjek: Bls: Bls: [pengusaha-muslim] Rencana Buka Usaha Toko Buku
Kepada: “pengusaha-muslim@yahoogroups.com” <pengusaha-muslim@yahoogroups.com>, Afrizal PM <bajupoeti@gmail.com>
Cc: agus 3 <agussupiyat@gmail.com>

cerita yang inspiratif,
Intinya menjalin silaturahmi bisa membuka pintu rezeki
Salam
Lutfi
Iklan

%d blogger menyukai ini: